Posted by : Unknown Wednesday, January 27, 2016

Teknologi, sebuah kata yang sering kita dengar dan merupakan sesuatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan. Teknologi dari waktu ke waktu teruslah berkembang, bahkan sejak dahulu kala (zaman prasejarah) pun teknologi terus berkembang. dibawah ini akan kita ulas seluk beluk mengenai teknologi.

  • Asal kata Teknologi

Dalam Bahasa Indonesia Teknologi merupakan hasil serapan dari bahasa Inggris, yaitu ‘‘technology’’. Penggunaan kata teknologi digunakan untuk segala sesuatu yang bersifat teknis yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Teknologi juga diyakini berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Technologia” yang berasal dari kata “techne” yang berarti wacana seni.

Penggunaan kata technology mulai dicetuskan oleh salah satu ilmuwan sosial asal Amerika, pada awal abad ke 20 mulai digagas sebagai padanan dari konsep bahasa Jerman, yaitu Technik menjadi technology. Penggunaan kata teknologi ini dicetuskan setelah munculnya revolusi industry di Eropa, yang memunculkan banyaknya perubahan luar biasa dari segi industry dan juga perburuhan pada masa itu.

  • Pengertian Teknologi
Teknologi merupakan hal yang sangat komplek, hal ini mengakibatkan munculnya banyak pendapat tentang pengertian teknologi. Dibawah ini akan kita tampilkan pengertian-pengertian Teknologi dari berbagai sumber.


1.      Read Bain (1937)
Pada tahun 1937 seorang sosiolog Amerika bernama Read Bain menulis
“technology includes all tools, machines, utensils, weapons, instruments, housing, clothing, communicating and transporting devices and the skills by which we produce and use them”
Yang artinya : teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut/pemindah dan komunikasi, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu.
Dari pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian teknologi adalah segala sesuatu yang dapat diciptakan oleh seseorang dan bisa mendatangkan manfaat untuk diri sendiri dan oranglain.
2.      Sardar (1987)
Pada tahun 1987 Sarder mengungkapkan bahwa teknologi merupakan sebuah sarana dalam memecahkan masalah mendasar dari setiap peradaban manusia. Dan tanpa adanya teknologi maka akan muncul banyak permasalahan yang terjadi.
3.      Ursula Franklin (1989)
            Seorang ilmuwan bermana Ursula Franklin dalam karyanya yang berjudul “Real World of Technology” mengemukakan definisi tentang teknologi yaitu “practice, the way we do things around here” yang artinya : praktis, cara kita membuat ini semua disekitar sini.
            Dari pendapat diatas dapat diambuil kesimpulan bahwa teknologi adalah sesuatu hal yang mempermudah sekaligus mempercepat akifitas manusia. Baik itu dengan waktu yang lama maupun instan/praktis.
4.      Saliman dan Sudarsono (1993)
            Saliman dan Sudarsono mengatakan bahwa Teknologi merupakan suaut ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai pembangunan dan juga industry.

5.      Djoyohadikusumo (1994)
            Djoyohadikusumo mendefinisikan mengenai pengertian teknologi sebagai suatu bidang yang berkaitan erat dengan ilmu sains dan ilmu kerekayasaan atau ilmu engineering. Dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya teknologi bisa disebut memiliki dua dimensi, yaitu dimensi engineering dan juga dimensi science. Kedua dimensi itu akan saling terkati selam perkembangan dan juga penciptaan dari sebuah teknologi, dan tidak bisa terpisahkan.
6.      Rogers (1994)
            Rogers yang dikutip dari buku yang dikeluarkan oleh Seels dan Richey pada tahun 1994 mengatakan bahwa teknologi merupakan suatu rancangan dari langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.
7.      Naisbit (2002)
            Naisbit (2002) mengutip pengertian dari teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi merupakan sebuah benda dan juga objek, serta bahan dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.
8.      Capra (2004)
            Pada tahun 2004 mengatakan bahwa teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literature dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.
9.      Manuel Castells (2004)
            Seorang ahli sosiologi lainnya yang memberikan definisi mengenai teknologi. Castells menyebutkan bahwa teknologi merupakan suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.
            Berdasarkan definisi ini maka bisa disimpulkan bahwa penggunaan teknologi dapat diulang-ulang apabila memiliki fungsi dan juga tujuan yang sama, sehingga satu teknologi yang saudah berhasil diciptakan akan dapat digunakan berkali-kali.
10.  Toynbee (2004)
            teknologi merupakan ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, dimana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu. Lebih lanjut dikemukakan oleh Toynbee, bahwa teknologi dapat memungkinkan konstituen non material dari sebuah kehidupan yang dimiliki manusia yaitu perasaan, ide, pemikiran, intuisi, dan juga ideal. Dan teknologi juga membuktikan sebuah manifestasi dari kecerdasan pikiran seorang manusia.
11.  Poerbahawadja Harahap
            Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.
12.  Miarso (2007)
            Miarso mengungkapkan bahwa teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.
13.  Elul (dalam Miarso, 2007)
            Elul (dalam Miarso, 2007) mengatakan bahwa teknologi adalah keseluruhan dari metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri – ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
14.  Kamus Marriam-Webster
Dalam kamus ini tertera pengertian teknologi sebagai “the practical application of knowledge especially in a particular area” yang berarti terapan praktis pengetahuan, khususnya dalam ruang lingkup tertentu. Dan “capability given by the practical application of knowledge” yang berarti kemampuan yang diberikan oleh terapan praktis pengetahuan.
15.  Kamus Besar Bahasa Indonesia
            Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI juga memberkan definisi dan juga pengertian lainnya mengenai teknologi. Disebutkan oleh KBBI, bahwa tenologi merupakan suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pngetahuan terapan.
            Lebih lanjut juga dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan juga kenyamanan hidup manusia. Dari pernyataan Kamus besar bahasa Indonesia tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan suatu metode ilmiah untuk kepentingna praktis yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan dan juga kenyamanan hidup manusia.

16.  Wikipedia
            Salah satu situs ensiklopedia terbesar, yaitu Wikipedia, dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu rujukan terhadap sekumpulan teknik – teknik yang mencakup banyak hal. Lebih lanjut disebutkan bahwa teknologi merupakan sebuah entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpad melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai – nilai tertentu


Dari sumber lain terdapat beberapa pendapat lagi tentang pengertian teknologi. antara lain :

Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Martin (1999) teknologi informasi tidak hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi.
Williams dan Sawyer (2003) TI adalah teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara dan video.
Lucas (2000) Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis

Kamus Oxford( 1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.


Dari berbagai pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi merupakan segala sesuatu yang tercipta oleh manusia yang memiliki tujuan untuk mempermudah sebuah pekerjaan. dan setiap saat teknologi terus berkembang karena mengingat sifat manusia yang tidak pernah puas dan kebutuhan manusia yang terus meningkat dan berubah.

demikianlah sedikit informasi yang dapat kami berikan. semoga bermanfaat.
editor : yan216.

sumber :
https://id.wikipedia.org
- http://dosenit.com
- http://technologic-cyber.blogspot.co.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

About Me

Yanuar Aji Nugroho
Yanuar Aji Nugroho ........
WEB TUGAS KULIAH
Baca Selengkapnya

Popular Post

- Copyright © Semua Tentang Teknologi -All Rights Reserved- Powered by Blogger - Designed by Yanuar A N -

Notifikasi :

1. Baca Basmallah.

2. Bandwidth Tingkat Sedang

3. Selamat Mencari Ilmu.

4. Maaf jika ada kekurangan.

5. Semoga Bermanfaat.

............

Admin