Posted by : Unknown Saturday, January 30, 2016

  • Generasi Pertama "1940-1952"
          Komputer generasi pertama  adalah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Computer), yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. komputer ini dibuat oleh Amerika Serikat yang bekerjasama dengan University of Pennsylvania. Komputer generasi pertama ini  Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, dan kabel yang jika disatukan panjangnya mencapai +/- 500 kaki. Tabung hampa udara (vacum-tube) terbuat dari bahan daras kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti : mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.

          Komputer generasi pertama ini digunakan oleh pihak militer Amerika Serikat untuk mengirim pesan rahasia yang berupa sandi semasa perang dunia, agar informasi yang disampaikan tidak bocor kepada pihak lawan.

Komputer Generasi Pertama Memiliki beberapapa ciri, antara lain :
  1. Mengeluarkan banyak panas
  2. Menggunakan tabung hampa (vacum tube)
  3. Menggunakan bahasa komputer dengan angka 0 dan 1
  4. Dalam pengoperasianya menggunakan daya listrik yang sangat besar
  5. Media penyimpananya sangatlah kecil dan terbatas
  6. Prosesnya sangatlah lambat
  7. Memiliki ukuran yang sangat besar


  • Generasi Kedua "1953 - 1960"
          Penemuan transistor sangatlah mempengaruhi sejarah komputer, pada era ini komputer sudah menggunakan transistor sebagai pengganti tabung hampa sehingga ukuranya dapat diperkecil. dan dalam era ini yang mulanya memakai bahasa mesin menjadi bahasa assembly. bahasa assembly digunakan karena lebih mudah difahami karena menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan bahasa biner. dalam era ini ukuran komputer sudah mengecil dan kinerjanya juga semakin cepat.

ciri -ciri yang dimiliki komputer pada era ini antara lain :
  1. ukuran semakin kecil
  2. kinerja semakin cepat dibanding era sebelumnya
  3. lebih hemat daya penggunaan listrik
  4. bahasa komputernya lebih mudaj dipahami
  5. berorientasi dalam bidang sisnis dan industri
  6. media penyimpananya semakin besar

  • Komputer Generasi Ketiga (1961-1970)
          Pada era ini yang sangat menonjol adalah penggunaan IC (Integrated Circuit) yang hingga saat ini dipergunakan. Komponen IC tersusun atas hybrid atau solid(SLT) dan monolithyc(MST). SLT adalah transistor dan dioda yang letaknya tertisah dalam satu tempat, sedangkan MST adalah elemen transistor, dioda, dan resistor yang diletakkan bersama dalam satu Chip. walaupun MST memeiliki ukuran yang lebih kecil dari SLT namun MST memiliki kemampuan yang lebih besar dari SLT.

          IC pertama diciptakan oleh Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument bersama Fairchild Semiconductor pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektrolit damal sebiah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Dalam perkembangannya para ilmuwan dapat memasukan lebih banyak komponen ke dalam sebuah Chip tunggal yang disebut semikonduktor. yang mengakibatkan komputer semakin kecil ukurannya. Dan terus dikembangkan hingga sekarang dalam 1 processor tedapat jutaan bahkan miliyaran transistor dengan ukuran mikro.


Ciri-ciri Komputer Generasi Ketiga :

  • karena menggunakan IC mengakibatkan kinerja komputer pada generasi ini bekerja 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Kapasitas memori yang lebih besar. (yang mulanya hanya puluhan ribu di era ini dapat mencapai ratusan ribu)
  • Konsumsi listrik yang semakin hemat.
  • memiliki kemampuan multitasking dan multiprocessing.
  • telah menggunakan visual display yang menghasilkan suara.
  • harganya yang jauh lebih murah.
  • menggunakan media penyimpanan disket maghnetic
  • Sudah menggunakan sistem Operasi




  • Generasi keempat (1970-1980)
          Setelah munculnya IC di generasi ketiga, di generasi keempat ini teknologi IC mulai dikembangkan lagi. dengan memperkecil ukuran circuit dan komponen-komponen didalamnya. mulai dari Large Scale Integration (LSI) yang dapat menampung ratusan komponen dalam sebuah chip, VLSI (very Large Scale Integration) yang memuat ribuan komponen dalam sebuah Chip. hingga ULSI (ultra large scale integration) yang memuat jutaan komponen dalam sebuah chip.

          Pada tahun 1971 Gordon Moore dari perusahaan intel memperkenalkan microprocessor 4 bit yang menggunakan Chip processor bernama  4004 yang berisi 230 transistor yang berjalan pada 108 KHz dan dapat mengoperasikan 60.000 data perdetik. Pada tahun 1972 intel kembali memperkenalkan produk barunya yaitu microprocessor 8008 yang dapat memproses 8 bit data dalam satu detik. pada tahun 1974 intel mengembangkan microprocessor 8008 yang dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu yang memiliki kemampuan lebih cepat dan memiliki set instruksi yang lebih kaya serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar.

          Hal ini membawa kemajuan besar dalam bidang IC, karena meletakkan komponen dari sebuah komputer (CPU, Memori dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. pada dasarnya IC dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu yang spesifik, namun sekarang microprocessor dapat diprogram untuk memenuhi  seluruh kebutuhan yang diinginkan. tak lama kemudian piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, hingga mobil dengan mesin EFI (electronic fuel injection) pun dilengkapi dengan microprocessor.


Kekurangan Kelebihan :

Kekurangan : 
komputer generasi ini masih menggunakan 1 warna (green color)

Kelebihan :
menggunakan microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC dalam sebuah Chip.


  • Generasi kelima (1980-2000)
          Pada akhir tahun 1980 IMB menciptakan Personal Computer secara masal dan pada 12 Agustus 1981 menjadi standar sebuah PC. yang saat ini standar itu dikenal sebagai standar IMB-PC. processor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini yang berkecepata 16bit/s. Dengan lahirnya standar komputer ini IMB bekerjasama dengan microsoft untuk mengembangan software didalamnya hingga ssat ini microsoft mendominasi kebutuhan software PC didunia.
          Penggunaan PC pada tahun 1981 2 juta unit dan melonjak di tahun 1982 menjadi 5,5 juta unit. dan pada sepuluh tahun kemudian menjadi 65 juta PC. komputer sangatlah cepat perkembangannya mulai dari komputer yang berada diatas meja, hingga yang dapat dimasukan di tas (laptop) sampai pada komputer yang dapat digenggam.

          Pada perkembangan dunia komputer IMB bukanlah satu-satunya manufaktur PC-compatible, ada perusaan intel dan microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pioner standar hardware dan software dunia. dan dalam perjalanannya IMB dan microsoft bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer berbasis teks. Macintosh juga memperkenalkan penggunaan piranti mouse. kita mengenal perjalanan IMB compatible dengan pemakaian CPU : IMB PC/486, Pentium, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (serial dari CPU buatan Intel). juga AMD k6, Atlon, dsb yang termasuk komputer generasi keempat.

  • Komputer Generasi Keenam (2000 - Sekarang)
          Teknologi komputer sangatlah cepat dalam perkembangannya,, terbukti dalam kurun waktu 5 tahun saja sudah sangat besar perbedaan baik dalam kemampuan, kecepatan, kapasitas dan lain sebagainya. pada tahun 2005 muncullah processor dengan nama Dual core dan Core 2 Duo pada tahun 2007 Core 2 Quad, tahun 2010 Core i3 dan Core i5 hingga yang terbaru yang kita kenal Core i7.  

  • Komputer Masa Depan

          Ketika kita mengatakan komputer masa depan mungkin kita akan bingung dengan apa yang ingin kita bayangkan, karena dengan teknologi yang sekarang saja kita seakan-akan telah menggenggam dunia. terbukti dengan komunikasi yang dapat dilakukan dengan cepat oleh orang dibelahan bumi yang berbeda. hingga telah terciptanya robot yang hampir menggantikan manusia dalam tugas-tugasnya. hingga munculnya kehidupan virtual yang dapat dikendalikan.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

About Me

Yanuar Aji Nugroho
Yanuar Aji Nugroho ........
WEB TUGAS KULIAH
Baca Selengkapnya

Popular Post

- Copyright © Semua Tentang Teknologi -All Rights Reserved- Powered by Blogger - Designed by Yanuar A N -

Notifikasi :

1. Baca Basmallah.

2. Bandwidth Tingkat Sedang

3. Selamat Mencari Ilmu.

4. Maaf jika ada kekurangan.

5. Semoga Bermanfaat.

............

Admin